Seorang Blogger Yang Menggunakan Blogspot Untuk Dijadikan Sarana Berbagi Informasi

Sabtu, 10 November 2012

Nasihat-Nasihat Luqman Al-Hakim


Nasihat-Nasihat Luqman Al-Hakim
Luqman Al-Hakim adalah seorang hamba Allah yang memiliki pandangan dan pemahaman yang cemerlang serta luas ilmu pengetahuannya. Beliau menginginkan agar anak-anaknya berjalan di alam raya ini dengan selamat dan memperoleh ridho Allah di dunia dan akhirat. Beliau bercita-cita agar anak-anaknya memiliki akhlak yang mulia dan sering memberikan bimbingan serta nasihat. Nasihat-Nasihat Luqman Al-Hakim tersebut diabadikan di dalam Al-Qur'an dan hadist Nabi.

Inilah Nasihat-Nasihat Luqman Al-Hakim yang terekam dalam Al-Qur'an, diantaranya sebagai berikut :

1. Yang disampaikan kepada anaknya adalah tentang larangan berbuat syirik dan mengajak mereka untuk bertauhid. Sebab tauhid merupakan pesan terpenting dan tujuan utama diutusnya para Nabi dan Rasul sejak Nabi Adam hingga Muhammad. Beliau menerangkan bahwa menyekutukan Allah itu merupakan kezhaliman yang paling besar dan paling berbahaya, karena tidak ada dosa yang lebih besar dari pada syirik.

2. Tentang berbakti kepada kepada orang tua, karena kedua orang tua mempunyai kedudukan yang tinggi disisi Allah. 

3. Menyadari akan pengawasan Allah, sebab sepandai-pandainya manusia menyembunyikan apa yang ia telah perbuat, niscaya Allah pasti akan melihatnya, karena Allah Maha Melihat dan Maha Mengetahui.

4. Senantiasa melakukan kebaikan dan mengajak orang menuju kebaikan menurut Islam.

5. Senantiasa mengajak untuk mencegah kemungkaran yang terjadi pada lingkungan dan keluarga.

6. Kesabaran dalam menghadapi cobaan atau ujian, sebab orang yang berjalan diatas kebenaran tidak terlepas dari rintangan dan cobaan. Maka, sudah semestinya ia mencari jalan untuk mengatasi segala rintangan itu dan bersabar terhadap persoalan yang dihadapinya.

7. Jangan bersikap sombong, entah itu dengan meremehkan orang lain, baik melalui ucapan maupun gerakan. 

Demikian tulisan dari Hanya Pakai Blogspot tentang Nasihat-Nasihat Luqman Al-Hakim yang diabadikan oleh Allah dalam Al-Qur'an. Dan menjadi motivasi bagi diri saya pribadi dan untuk anda pada umumnya, mohon maaf bukan maksud saya menggurui anda, karena manusia tak ada yang sempurna, dan kesempurnaan hanya milik Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar