Seorang Blogger Yang Menggunakan Blogspot Untuk Dijadikan Sarana Berbagi Informasi

Selasa, 21 Agustus 2012

Ilmu Pengetahuan

Ilmu Pengetahuan
Di kalangan ilmuwan ada keseragaman pendapat, bahwa Ilmu Pengetahuan itu selalu tersusun dari pengetahuan secara teratur, yang diperoleh dengan pangkal tumpuan (objek) tertentu dengan sistematis, metodis, rasional/logis, empiris, umum, dan akumulatif.

Pengertian Ilmu Pengetahuan sebagai istilah filsafat tidaklah sederhana karena bermacam-macam pandangan dan teori (epistemologi), di antaranya pandangan Aristoteles, bahwa Ilmu Pengetahuan merupakan pengetahuan yang dapat merangsang budi.

Menurut Descartes Ilmu Pengetahuan merupakan serba budi, sementara menurut Bacom dan David Home diartikan sebagai pengalaman indera dan batin. Menurut Immanuel Kant Ilmu Pengetahuan merupakan persatuan antara budi dan pengalaman. Teori Phyrro mengatakan, bahwa tidak ada kepastian dalam Ilmu Pengetahuan.

Dari berbagai sumber yang ada tentang Ilmu Pengetahuan, maka diperoleh sumber-sumber pengetahuan berupa ide, kenyataan, kegiatan akal budi, pengalaman, sintesis budi, atau meragukan karena tak adanya sarana untuk mencapai pengetahuan yang pasti.

Untuk membuktikan apakah Ilmu Pengetahuan itu benar, perlu berpangkal pada teori-teori kebenaran pengetahuan. Teori pertama bertitik tolak adanya hubungan dalil, di mana pengetahuan dianggap benar apabila dalil itu mempunyai hubungan dengan dalil yang terdahulu.

Selanjutnya yang kedua, Ilmu Pengetahuan itu benar apabila ada kesesuaian dengan kenyataan. Teori ketiga menyatakan, bahwa pengetahuan itu benar apabila mempunyai konsekuensi praktis dalam diri yang mempunyai pengetahuan. Banyaknya teori dan pendapat tentang pengetahuan dan kebenaran mengakibatkan suatu definisi ilmu pengetahuan akan mengalami kesulitan.

Kesimpulannya dapat diambil bahwa membuat suatu definisi dari definisi Ilmu Pengetahuan yang dikalangan ilmuwan sendiri sudah ada keseragaman pendapat, hanya akan terperangkap dalam tautlogis (pengulangan tanpa membuat kejelasan) dan pleonasme atau mubazir saja. 

Begitulah ulasan singkat mengenai Ilmu Pengetahuan yang saya tulis berdasarkan beberapa sumber yang ada dan dapat dipercaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar